• JL. ABDUL RAHMAN SALEH NO. 24

  • 021-3441008, 0811-9222-656

  • presidentialhospital@rspadgs.net dan customercare@rspadgs.net (Untuk Pengaduan)

  • Rabu, 17 November 2021 Pimpinan dan seluruh warga Rumah Sakit Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan yang prima, profesional dan bebas dari korupsi. Bantu kami mewujudkannya dengan melaporkan segala bentuk tindakan korupsi yang terjadi di lingkungan rumah sakit. RSPAD Gatot Soebroto siap untuk Zona Integritas WBK dan WBBM!
Peranan Diagnostik Laboratorium Dalam Menunjang  Penatalaksanaan Pneumonia

Peranan Diagnostik Laboratorium Dalam Menunjang Penatalaksanaan Pneumonia

Kamis, 19 Januari 2023 Administrator

RSPAD Gatot Soebroto – Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto mengadakan acara Pembukaan Webinar RSPAD Gatot Soebroto Edukasi Kesehatan Untuk Negeri Sesi 2 Dengan Tema “Peranan Diagnostik Laboratorium Dalam Menunjang Penatalaksanaan Pneumonia” secara Virtual Zoom terpusat di Puskodalopskes Lantai 2 Gedung Prof. Dr. Satrio, Kamis, 19 Januari 2023. Dalam sambutannya, Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Letnan Jenderal TNI dr. A. Budi Sulistya, Sp. THT-KL (K)., M.A.R.S diwakili oleh Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Mayor Jenderal TNI dr. Lukman Ma’ruf, Sp.BS., M.Kes., M.H mengatakan bahwa pelaksanaan acara ini karena melihat keberhasilan dalam pengobatan pasien dengan infeksi sangat berkaitan erat dengan hasil pemeriksaan laboratorium yang menentukan penyebab dari terjadinya infeksi pada pasien.

Pasien yang dirawat lama di rumah sakit diketahui memiliki resiko tinggi menderita infeksi nosokomial yang seringkali disebabkan oleh bakteri multiresisten dan jamur, di mana salah satu penyakit infeksi yang sering terjadi yaitu Pneumonia. Pneumonia merupakan kondisi implamasi yang terjadi saat seseorang mengalami infeksi pada alveoli (kantung-kantung udara) dan secara spesifik mempengaruhi paru-paru dan menyebabkan area tersebut dipenuhi cairan atau lendir sehingga menyebabkan batuk berdahak, demam dan mengalami kesulitan bernafas. 

Pneumonia dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus dan jamur. Beberapa virus umum penyebab pneumonia adalah virus influenza, Respiratory Syncytial Virus (RSV) dan SARS-Cov-2, sedangkan jenis bakteri yang umum menyebabkan pneumonia adalah Streptococcus Pneumonia. WHO memperkirakan sebanyak 15% kematian anak-anak usia balita di seluruh dunia terkait dengan pneumonia dan bisa juga terjadi pada orang dewasa. Karena itu pemeriksaan diagnostik laboratorium sangat menentukan dalam pengobatan pasien dengan infeksi.

Redaksi    : Sub Diassa Unit Pen/PKRS
Penulis    : Administrator

Galeri Foto

Rekomendasi

Rekomendasi untuk Anda

PENGAMBILAN SUMPAH JANJI PETUGAS REKAM MEDIK RUMAH SAKIT KEPRESIDENAN RSPAD GATOT SOEBROTO

Selasa, 7 Maret 2017 Administrator

Selasa, 7 Maret 2017 dilaksanakan Pengambilan Sumpah Janji Petugas Rekam Medik Rumah Sakit Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto yang dilaksanakan di Auditorium dr. RM Partomo Lt.VI Gedung Prof. Dr. Satrio Rumah Sakit Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto. Rekam medis adalah berkas yang berisikan catatan …

Selengkapnya

PERINGATAN NUZULUL QUR'AN & BUKA PUASA BERSAMA RAMADHAN 1437 H/2016 M

Selasa, 21 Juni 2016 Administrator

Selasa, 21 Juni 2016 bertempat di Auditorium dr. RM. Partomo Lt. VI Gedung Prof. Dr. Satrio RSPAD Gatot Soebroto dilaksanakan Kegiatan Peringatan Nuzulul Qur'an dan Buka Puasa Bersama Ramadhan 1437 H/2016 M.yang bertemakan "Jadikan hikmah puasa Ramadhan, Nuzulul Qur'an dan Idul Fitri 1437 …

Selengkapnya